Selasa, 20 Maret 2012

ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA

 
ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA


a. Pengertian Modal Kerja
Terdapat beberapa definisi modal kerja yang lazim dipergunakan, yaitu:
a)Modal kerja adalah kelebihan aktiva lancar terhadap utang lancar. Kelebihan ini disebut modal kerja bersih (berikutNet Working Capital). Kelebiahan ini merupakan jumlah aktiva lancer yang berasal dari utang jangka panjang dan modal sendiri. Definisi bersifat kualitatif karena menunjukkan kemungkinan tersediannya aktiva lancer yang lebih besar daripada utang jangka pendek dan menunjukkan tingkat keamanan bagi kreditur jangka pendek serta menjamin kelangsungan usaha dimasa mendatang.
b) Modal kerja adalah jumlah aktiva lancer. Jumlah ini merupakan modal kerja bruto (gross working Capital). Definisi ini bersifat kuantitatif karena menunjukkan jumlah dana yang digunakan untuk maksud-maksud operasi jangka pendek. Waktu tersedianya modal kerja akan tergantung pada macam dan tingkat likuiditas dan unsur-unsur aktiva lancer misalnya kas, surat-surat berharga, piutang , dan persediaan.
c) Modal kerja adalah jumlah dana yang digunakan selama periode akuntansi yang dimaksudkan untuk menghasilkan pendapatan jangka pendek (Current income) yang sesuai dengan maksud utama didirikannya perusahaan tersebut. Definisi ini berdasarkan konsep fungsional yaitu fungsi dana tersebut dalam menghasilkan pendapatan.

b.  Analisi Sumber Dan Penggunaaan Dana

Pengertian
Analisis sumber dan penggunaan dana merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari bagaimana suatu perusahaan melaksanakankebijakan investasinya dan melaksanakan kebijakan financial nya selama periode tertentu,biasanya dalam masa 1 tahun/jangka pendek. 

Dana dalam analisis sumber dan penggunaan dana dapat diartikan secara sempit maupun secara luas sebagai berikut :
1.Dalam arti sempit, dana adalah kas.
2.Dalam arti luas, dana adalah modal kerja.

c. Dana Dalam Pengertian Kas
 Jika dana di artikan kas,perubahan unsur-unsur yang mendukung laporan keuangan akan berpengaruh terhadap kas dengan adanya penambahan atau pengurangan . Jadi laporan sumber dan penggunaan kas di susun untukmengetahui perubahan kas selama satu periode.


Langkah –langkah yang harus di tempuh dalam penyusunan analisis sumber dan penggunaan kas,terdiri atas
-          Susunan laporan perubahan necarac untuk 2 (dua) tahun terakhir,kemudian identifikasi mana yang merupakan sumber kas dan pengeluaran kas.
-          Klasifikasikan unsur-unsur dalam laporan rugi laba atau laporan laba di tahanmana yang merupakan sumber kas dan pengeluaran kas.
-          Susun laporan sumber dan penggunaan kas dengan menggabungkan semua informasi yang dapat menambah kas (sumber kas ) dan mengurangi kas ( penggunaan kas ).

Dana Dalam Pengertian Modal Kerja
            Jika dana dalam pengertian modal kerja,maka yang di maksud adalah modal kerja netto yaitu modal kerja yang di hitung dari selisih antara aktiva lancar denganutang lancar, yang dapat menambah atau mengurangi modal kerja netto adalah unsure - unsur yang ada di luar modal kerja. Oleh karena itu perubahan unsur modalkerja tidak akan menyebabkan perubahan modal kerja netto .

Langkah – langkah Penyusunan Analisis Modal Kerja
Langkah – langkah yang harus di tempuh dalam penyusunan analisis modal kerja
-    Susunan laporan perubahan modal kerja yang memberikan gambaran mengenai perubahan dari  masing-masing unsur modal kerja atau unsure Current account antara dua waktu.
-    Klasifikasikan perubahan-perubahan dari unsur-unsur non current account antara dua waktu tersebut ke dalam golongan yang menambah atau mengurangi modal kerja.
-    Klasifikasikan unsur – unsur



1 komentar:

  1. Makasih sob materi akuntansi'a :D
    Kunjungin blog saya dan follback ya di
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/01/laporan-keuangan-dalam-akuntansi.html
    makasih sob kita tukeran ilmu ekonomi :D

    BalasHapus